Friday, March 12, 2010

Tuhan Sudah Mati??

Ini salah satu pernyataan yang cukup menarik perhatian saya pada saat kuliah Teori Kriminologi Post-Modern, kemarin (11-03-10), kurang dari 24 jam yang lalu. Pemikiran ini dinyatakan oleh Nietzche. Jujur, ketika saya memulai kuliah kemarin pagi, saya sama sekali tidak tahu apalagi mengenal siapa itu Nietzche. Tuhan dianggap "telah mati" karena kini masyarakat tidak lagi pergi beribadah dengan tujuan secara murni untuk beribadah kepada Tuhan mereka, melainkan untuk kepentingan atau maksud-maksud lain. Misalnya, ibu-ibu pengajian yang rutin mengadakan pengajian tiap minggu banyak yang hanya sibuk mengurusi masalah pembelian seragam baru. Masalah yang menurut saya sepele, tetapi menjadi begitu penting bagi mereka hingga membuat mereka tidak lagi datang mengaji murni untuk beribadah. Contoh lain, ketika seorang Nasrani kaya raya pergi ke gereja dekat rumahnya pada hari Minggu dengan mengendarai Jaguar atau mobil sejenisnya. Bisa saja terselubung rasa untuk pamer, dan lagi-lagi tidak murni untuk beribadah.
Iya, itulah potret masyarakat masa kini. Mungkin termasuk saya. Bagaimana dengan Anda?
Jadi, apakah Tuhan benar sudah mati? :)

* Inilah Nietzche

No comments:

Post a Comment